VISI & MISI DINAS PARIWISATA

VISI

Visi Dinas Pariwisata Provinsi Papua adalah :

“Pariwisata Papua yang Berdaya Saing, Mandiri dan Sejahtera”

MISI

Bertitik  tolak  dari  Visi tersebut di atas, maka Misi Dinas Pariwisata Provinsi Papua, adalah :

1. Mewujudkan zona inti pengembangan tapak kawasan pariwisata;

Zona inti adalah kawasan pariwisata potensial yang akan dikembangkan sesuai dengan karakteristik daerah dan membuat tapak kawasan, yang dapat disiapkan menjadi kawasan wisata unggulan pada zona inti tersebut.

2. Mewujudkan Produk Pariwisata Unggulan;

Obyek dan Daya Tarik Wisata (ODTW) di Papua yang variatif dan unik merupakan  sumber daya pariwisata potensial yang harus ditata, ditingkatkan dan dikemas dalam paket-paket unggulan yang siap dipasarkan.

3. Pemberdayaan masyarakat sadar wisata ;

Adalah upaya menyiapkan sumber daya pelaku wisata yang bermutu dan  berkualitas agar  mampu mengelola Obyek dan Daya Tarik Wisata serta atraksi wisata di dalam zona inti pada Destinasi Pariwisata Nasional. 

4. Meningkatkan Promosi dan Pemasaran Pariwisata Unggulan Menuju Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera.

Adalah melaksanakan promosi dan pemasaran pariwisata unggulan baik lokal, regional, nasional dan internasional secara berkelanjutan

5. Meningkatkan arus Kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) ke Papua.

Adalah upaya mewujudkan peningkatan arus kunjungan wisman dan lama tinggal (length of stay) wisman di Papua.

6. Menumbuhkembangkan Peluang Usaha Industri Jasa Pariwisata

Merupakan upaya menciptakan peluang usaha dan kesempatan kerja bagi usaha jasa pariwisata.

7. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Pelaku Kreatif.
Adalah upaya meningkatkan daya saing dan kontribusi pelaku kreatif yang berkualitas dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat.

8. Menciptakan Ekonomi Kreatif yang responsive ,transparan dan Akuntabel.

 Merupakan upaya menciptakan ekonomi kreatif yang menarik, terbuka dan terukur.

9. Mengembangkan karya kreatif berbasis seni dan budaya Papua sebagai pilar utama dalam pengembangan         promosi dan pemasaran pariwisata

Merupakan upaya peningkatan kualitas karya kreatif sebagai pilar utama dalam pengembangan promosi dan pemasaran pariwisata

10. Menetapkan Peta Penyebaran Potensi Kawasan menurut 5 (lima) Wilayah Adat

Adalah upaya memperjelas potensi dan keunggulan daerah yang dijadikan sebagai bahan acuan dalam menetapkan pengembangan tapak kawasan di zona inti.